METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF BIDANG PENDIDIKAN
JUDUL: METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF BIDANG
PENDIDIKAN
PENULIS: Ermita, S.Pd., M.Sc., Nita Anggriani, M.Si. Rosauli Novalina Samosir, M.Pd., Miftahul Jannah, M.Pd.
SINOPSIS:
Perguruan tinggi memiliki peran penting dalam peningkatan pembangunan sosial dan ekonomi suatu negara. Pendidikan tinggi memegang peran strategis dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Melalui Tridharma Perguruan Tinggi, perguruan tinggi harus berupaya untuk memenuhi tuntutan perkembangan zaman, perguruan tinggi berkewajiban untuk terus berinovasi dan terus beradaptasi dalam proses perkuliahan dan pelaksanaan penelitian yang relevan dengan kebutuhan dan kebutuhan dunia industri yang ada. Penelitian yang dilakukan oleh para akademisi dan mahasiswa di institusi pendidikan tinggi memiliki peran vital dalam pengembangan teknologi yang bermanfaat, menciptakan dan mendiseminasikan pengetahuan baru, serta menemukan solusi baru bagi permasalahan yang muncul di kehidupan masyarakat.
Sejak dulu penelitian kuantitatif memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Penelitian kuantitatif didasari oleh paradigma post-positivistik yang beroperasi dengan aturan-aturan yang ketat terkait kebenaran, hukum-hukum, logika, dan prediksi. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk menguji teori-teori dengan melihat hasil uji hubungan antar variabel-variabel. Penelitian kuantitatif memiliki banyak jenis dan memiliki prosedur yang rigid.
Buku ini hadir untuk membantu para peneliti, baik praktisi, akademisi, maupun mahasiswa dalam memahami lebih dalam apa itu penelitian kuantitatif dan bagaimana prosedur dan langkah-langkah pelaksanaannya dengan benar. Dengan uraian yang jelas dan detail, diharapkan buku ini dapat membantu pembaca untuk merencanakan maupun menjalankan penelitiannya.